AINews FlashSoftware

Kolaborasi Raksasa: SAP dan Microsoft Integrasikan AI

SAP, atau Systems, Applications, and Products in Data Processing, adalah penyedia software enterprise yang membantu perusahaan dalam mengelola operasional bisnis mereka. Dengan berbagai modul yang mencakup manajemen keuangan, sumber daya manusia, logistik, dan lainnya, SAP memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan berbagai fungsi bisnis mereka. Sebelum adopsi AI, fitur SAP fokus pada otomatisasi proses bisnis, analitik data, dan solusi ERP yang terintegrasi.

SAP, penyedia software enterprise terkemuka, kini mulai mengintegrasikan Artificial Intelligence (AI) ke dalam produknya. Langkah ini diyakini dapat membawa bisnis ke level yang lebih tinggi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan yang semakin canggih.

SAP telah menyematkan AI Bisnis ke seluruh solusi perusahaan. Dalam acara Sapphire yang bergengsi, SAP mengumumkan rencana ambisius untuk memperluas cakupan kopilot generatif AI, Joule, dengan mengintegrasikannya bersama Microsoft Copilot. Kolaborasi ini akan memberikan pengguna pengalaman terpadu, memudahkan akses informasi melalui interaksi yang lancar antara aplikasi bisnis SAP dan Microsoft 365.

Sebelum era AI, SAP dikenal dengan fitur-fiturnya yang kaya, seperti modul ERP (Enterprise Resource Planning) yang mencakup manajemen keuangan, sumber daya manusia, logistik, dan rantai pasokan. SAP juga menawarkan solusi analitik yang membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan berbasis data. Namun, dengan adopsi AI, kemampuan SAP meningkat pesat. AI memungkinkan analitik yang lebih mendalam, otomatisasi yang lebih cerdas, dan interaksi pengguna yang lebih intuitif.

Mengapa AI menjadi sangat penting? SAP menyadari bahwa AI Bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan, dan menyediakan wawasan yang lebih dalam. Oleh karena itu, perusahaan berkomitmen untuk memegang teguh prinsip-prinsip AI yang relevan, andal, dan bertanggung jawab. Di acara Sapphire, SAP menegaskan komitmennya dengan mengadopsi 10 prinsip panduan dari rekomendasi UNESCO tentang Etika Kecerdasan Buatan. Prinsip-prinsip ini memastikan bahwa teknologi AI dikembangkan dan digunakan dengan cara yang menghormati hak asasi manusia, mempromosikan keadilan, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Kolaborasi SAP dengan pemimpin teknologi seperti AWS, Microsoft, Google Cloud, Meta, Mistral AI, dan NVIDIA menunjukkan tekad mereka untuk mendorong batasan generatif AI di tingkat perusahaan. Dengan berkolaborasi dengan para raksasa teknologi ini, SAP memastikan bahwa mereka dapat memanfaatkan kekuatan teknologi siap AI, berinovasi dengan cepat, dan memberikan hasil yang lebih kaya kepada para pengguna mereka.

Integrasi AI ke dalam ekosistem SAP tidak hanya membuat proses bisnis lebih efisien, tetapi juga menciptakan pengalaman pengguna yang lebih personal dan proaktif. Misalnya, dengan adanya Joule dan Microsoft Copilot, pengguna dapat dengan mudah mengakses data dan informasi penting melalui percakapan alami, tanpa harus membuka banyak aplikasi atau melalui banyak langkah manual. Ini adalah contoh nyata bagaimana AI dapat membuat hidup kita lebih mudah dan pekerjaan kita lebih efisien.

Dalam skema yang lebih besar, adopsi AI oleh SAP adalah bagian dari tren yang lebih luas dalam industri teknologi, di mana perusahaan berusaha untuk mengintegrasikan teknologi canggih ke dalam operasi sehari-hari mereka. Dengan demikian, perusahaan yang mengadopsi teknologi ini akan lebih siap menghadapi tantangan masa depan, termasuk perubahan pasar yang cepat dan tuntutan konsumen yang semakin kompleks.

Kesimpulannya, integrasi AI oleh SAP merupakan langkah strategis yang tidak hanya meningkatkan kapabilitas software mereka tetapi juga memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pengguna. Dengan memanfaatkan AI, SAP membantu perusahaan menjadi lebih efisien, responsif, dan siap menghadapi masa depan.

 

Boogeng

Menyukai René Descartes dan Caca Handika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button