SecurityTips Repiw

10 Langkah Mudah Melindungi Smartphone dari Serangan Siber

Cara Efektif Menghindari Rekening Dikuras dari Smartphone

Tips Terbaik Melindungi HP dari Serangan Siber di Era Digital

Maraknya peretasan atau serangan siber di era digital saat ini mengharuskan kita semua untuk lebih waspada, terutama bagi pengguna smartphone Android dan iPhone. Bahkan, sekelas Pusat Data Nasional (PDN/PDNS) milik Pemerintah RI pernah kebobolan oleh hacker karena kelalaian. Oleh sebab itu, pengguna HP harus berhati-hati agar tidak kecolongan data atau uang di rekening pribadi yang dikuras oleh peretas.

Berdasarkan laporan dari Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), ada beberapa tips rahasia untuk meminimalisir peretasan. Dalam dokumen NSA yang dibagikan ke publik, salah satu tips untuk terhindar dari peretasan adalah tidak menggunakan Wi-Fi sembarangan. Berikut 10 tips yang dibagikan oleh NSA agar HP tidak dibajak dan rekening tidak dikuras.

1. Hindari Menggunakan Wi-Fi Publik

Jangan terhubung ke jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman. Jika memungkinkan, nonaktifkan Wi-Fi saat tidak diperlukan dan hapus jaringan Wi-Fi yang tidak digunakan dari daftar koneksi di perangkat Anda.

2. Gunakan Koneksi VPN

Menggunakan VPN (Virtual Private Network) dapat membantu mengenkripsi data Anda saat berselancar di internet, terutama saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik.

3. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA)

Pastikan untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor pada semua akun penting Anda. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dengan memerlukan verifikasi identitas kedua selain kata sandi.

4. Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi di smartphone Anda ke versi terbaru. Pembaruan ini sering kali menyertakan perbaikan keamanan penting yang melindungi perangkat Anda dari ancaman terbaru.

5. Hindari Mengunduh Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi

Selalu unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi dari sumber tidak resmi bisa berisi malware atau perangkat lunak berbahaya.

6. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun. Kombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk meningkatkan keamanan.

7. Nonaktifkan Bluetooth dan NFC

Matikan Bluetooth dan NFC saat tidak digunakan. Ini dapat mencegah peretas untuk mengakses perangkat Anda melalui koneksi nirkabel ini.

8. Waspada Terhadap Phishing

Jangan klik tautan atau lampiran dalam email atau pesan dari sumber yang tidak dikenal. Phishing adalah metode umum yang digunakan peretas untuk mencuri informasi pribadi.

9. Gunakan Aplikasi Keamanan

Instal aplikasi keamanan atau antivirus yang terpercaya di perangkat Anda untuk mendeteksi dan menghapus malware.

10. Lakukan Backup Data Secara Berkala

Selalu lakukan backup data secara berkala. Dengan begitu, jika perangkat Anda terkena malware atau diretas, Anda masih memiliki salinan data yang aman.

Kesimpulan Repiw

Keamanan digital adalah tanggung jawab bersama. Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa meminimalisir risiko peretasan dan menjaga data pribadi serta uang Anda tetap aman. Selalu waspada dan up-to-date dengan perkembangan keamanan digital agar tidak menjadi korban berikutnya. Stay safe, stay secure!

Boogeng

Menyukai René Descartes dan Caca Handika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button