Sony Luncurkan “Gaming Virtualizer” untuk Suara Spasial pada Game PC dan Seluler
360 Reality Audio, Teknologi Suara Spasial Baru dari Sony Meningkatkan Pengalaman Gaming
Sony Corporation baru saja meluncurkan perangkat lunak baru, “Gaming Virtualizer by 360 Reality Audio”, yang dirancang khusus untuk para pengembang game. Software ini memungkinkan penciptaan suara spasial yang mudah dalam game, yang dapat dinikmati secara optimal melalui headphone.
Ini terhubung ke Wwise®, middleware audio lintas platform yang banyak digunakan oleh pengembang game global untuk menciptakan pengalaman suara interaktif yang kaya di berbagai platform, termasuk PC dan perangkat seluler. Dengan perangkat lunak ini, suara dalam game dapat diproses secara efisien, menghasilkan suara yang lebih realistis dan imersif dengan latensi rendah.
Semakin banyak game 3D yang mendukung suara spasial, dan tren ini diperkirakan akan terus berkembang seiring meningkatnya popularitas game di berbagai platform, seperti PC dan seluler. Banyak gamer kini lebih suka menggunakan headphone, menciptakan kebutuhan untuk pengalaman suara spasial yang mendalam tanpa harus mengandalkan speaker multisaluran.
Sony memahami perubahan ini dan meresponsnya dengan menghadirkan “Gaming Virtualizer”, yang mengoptimalkan pengalaman audio game menggunakan teknologi 360 Reality Audio, yang sebelumnya telah berhasil menciptakan pengalaman mendalam dalam industri musik. Dengan menggunakan software ini, pengembang game dapat dengan mudah menciptakan suasana bermain yang lebih nyata, bahkan pada perangkat dengan daya pemrosesan terbatas seperti ponsel.
Fitur Utama:
- Pemrosesan Sinyal Efisien: Software ini dirancang dengan pemrosesan sinyal yang efisien untuk menghadirkan suara spasial yang imersif, bahkan pada perangkat dengan daya pemrosesan rendah. Dengan teknologi ini, gamer dapat merasakan posisi suara secara lebih akurat, membuat permainan lebih seru dan realistis.
- Integrasi dengan Wwise: Menggunakan “Gaming Virtualizer”, pengembang dapat mengoptimalkan suara game di berbagai platform, mulai dari seluler hingga PC, tanpa perlu menyesuaikan setiap suara secara terpisah. Ini memberikan kebebasan lebih dalam desain suara, memungkinkan suara yang lebih jelas dan spesifik.
- Validasi oleh Pengembang Game: Sejumlah pengembang besar di berbagai negara, termasuk Jepang, AS, dan Inggris, telah menguji dan memvalidasi “Gaming Virtualizer”. Mereka menemukan bahwa teknologi ini meningkatkan kualitas dan presisi suara dalam game, menciptakan pengalaman audio yang lebih mendalam tanpa ketergantungan pada speaker canggih.
Beberapa pengembang game utama, seperti COLOPL, Inc., dan SQUARE ENIX CO., LTD., telah mengadopsi perangkat lunak ini dalam proyek mereka. Misalnya, dalam game “PRINCIPLES PROLOGUE” oleh COLOPL, Inc., penggunaan “Gaming Virtualizer” memungkinkan penciptaan efek suara yang realistis, seperti langkah kaki dan gema, yang lebih menambah kedalaman pada pengalaman bermain.
Secara keseluruhan, Sony berharap “Gaming Virtualizer by 360 Reality Audio” dapat menjadi alat penting bagi para pengembang dalam menciptakan pengalaman game yang lebih imersif dan realistis, yang dapat dinikmati oleh pemain di seluruh dunia.